Berita Ringan

# Pembahasan RAPERDA APBD (Pertengahan Juni s/d 7 hari sejak diterima evaluasi Gubernur) # Pembahasan RAPERDA Perubahan APBD (Minggu I Agustus s/d 7 hari sejak diterima evaluasi Gubernur) # Pembahasan RAPERDA Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (6 bulan setelah TA berakhir s/d 7 hari sejak diterima evaluasi Gubernur) # Pembahasan s/d Persetujuan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban KDH (LKPJ) (3 bulan setelah TA berakhir s/d 30 hari setelah LKPJ diterima) # Pembahasan Laporan Realisasi Semester I APBD dan Prognosis 6 bulan berikutnya ( Akhir bulan juli) # Pembahasan atas LHP BPK terhadap Pelaksanaan APBD ( 2-3 minggu sejak diterima LHP BPK)

Galeri Aspirasi

WALIKOTA CIREBON SAMPAIKAN LKPJ TA 2016

PENETAPAN KEMBALI PERATURAN TATA TERTIB DPRD

Paripurna Pemandangan Umum Fraksi, Jawaban Walikota, Pengambilan Keputusan dan Pembentukan Pansus

PIMPINAN DPRD LAPORKAN KINERJA

FRAKSI-FRAKSI DPRD SAMPAIKAN PEMANDANGAN UMUM TERHADAP 5 RAPERDA PRAKARSA WALIKOTA CIREBON

RISALAH \RAPAT PARIPURNA DPRD KOTA CIREBON DALAM RANGKA PENETAPAN KEMBALI ALAT KELENGKAPAN

Untuk memenuhi salah satu kewajiban kepala daerah dalam hal ini adalah Walikota Cirebon sesuai ketentuanPasal 69 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Perubahannya, yang menyatakan bahwa kepala daerah wajib menyampaikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ), dan ringkasan LPPD, pada 30 Maret 2017 DPRD Kota Cirebon menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian LKPJ Walikota Cirebon Tahun Anggaran 2016.

Ketua DPRD Edi Suripno, SIP. MSi, yang memimpin rapat paripurna menyampaikan bahwa LKPJ memuat hasil penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, disampaikan kepada DPRD yang dilakukan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir. Selanjutnya LKPJ Kepala Daerah dibahas oleh DPRD untuk rekomendasi perbaikan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.Dalam sistem ketatanegaraan Indonesia bahwa penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dilaksanakan oleh DPRD dan kepala daerah. DPRD dan kepala daerah berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang diberi mandat rakyat untuk melaksanakan Urusan Pemerintahan yang diserahkan kepada Daerah. Dengan demikian maka DPRD dan kepala daerah berkedudukan sebagai mitra sejajar yang mempunyai fungsi yang berbeda. DPRD mempunyai fungsi pembentukan Perda, anggaran dan pengawasan, sedangkan kepala daerah melaksanakan fungsi pelaksanaan atas Perda dan kebijakan Daerah.

Hal tersebut sejalan pula dengan sistem pemilihan kepala daerah yang dipilih langsung oleh rakyat, sehingga pertanggungjawaban kepala daerah tidak lagi kepada DPRD, melainkan ke Pemerintah Pusat melalui Gubernur. Karena kepala daerah dan DPRD sama-sama dipilih oleh rakyat, sehingga terjadi kesetaraan dan kemitraan hubungan antara kepala daerah dengan DPRD. Kondisi tersebut menjadi landasan terbentuknya hubungan checks and balances yang lebih seimbang antara kepala daerah dengan DPRD.

Salah satu bentuk kemitra-sejajaran dalam hubungan kerja antara DPRD dengan Kepala Daerah, adalah penyampaian LKPJ Kepala Daerah kepada DPRD.

 

Sementara itu Walikota Cirebon Drs. Nasrudin Azis, SH. menyatakan bahwa tahun 2016 merupakan tahun ketiga pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Cirebon Nomor 7 Tahun 2013 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cirebon Tahun 2013-2018 dan telah diubah dengan Peraturan Daerah Kota Cirebon Nomor 11 Tahun 2015. Peraturan tersebut memuat penjabaran visi, misi, dan program walikota cirebon selama lima tahun. Visi kota cirebon yang telah ditetapkan adalah “terwujudnya kota cirebon sebagai kota yang religius, aman, maju, aspiratif, dan hijau (ramah) pada tahun 2018“  dan kemudian diterjemahkan dalam enam misi sebagai berikut:

Misi ke-1mewujudkan aparatur pemerintahan dan masyarakat Kota Cirebon yang religius.Misi ke 2         meningkatkan integritas dan profesionalisme aparatur serta merevitalisasi kelembagaan yang efektif dan efisien menuju tata pemerintahan yang baik, amanah, bersih, dan bebas dari KKN.Misi ke 3meningkatkan kualitas keamanan dan ketertiban umum. Misi ke 4 meningkatkan kualitas sumber daya kota cirebon dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial untuk kesejahteraan masyarakat.Misi ke 5 meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan.Misi ke 6 meningkatkan kualitas keseimbangan dan pelestarian lingkungan hidup.

Penjabaran lebih lanjut dari rencana Pembangunan Jangka Menengah tersebut kemudian dituangkan dalam dokumen rencana tahunan yang disebut dengan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), untuk tahun 2016 telah ditetapkan melaluiPeraturan Walikota Cirebon Nomor 28 Tahun 2015 tentang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Cirebon Tahun Anggaran 2016 danPeraturan Walikota Cirebon Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Cirebon Nomor 28 Tahun 2015.

Arah kebijakan pembangunan pada tahun 2016, diprioritaskan antara lain pada upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia,khususnya pendidikan dan kesehatan. Prioritas selanjutnya pada peningkatan kualitas administrasi pemerintahan terutama dari aspek keuangan dan aset daerah, serta pembangunan infrastruktur kota.

Sebagai gambaran terhadap hasil-hasil pembangunan pada tahun 2016,Walikota Cirebon menyampaikan perkembangan beberapa indikator yang merupakan ukuran kuantitatif peningkatan kualitas pembangunan, terutama dari segi sumber daya manusia.Peningkatan kualitas pembangunan manusia diukur dari indeks pembangunan manusia yang merupakan akumulatif dari penilaian indeks kesehatan, pendidikan dan daya beli.  Sesuai dengan data BPS tahun 2015 dan tahun 2016, perkembangan indikator tersebut antara lain:

  1. Peningkatan Angka Harapan Hidup (AHH) dari 71,79 tahun pada  2015 menjadi 71,80 tahun pada 2016
  2. Peningkatan Harapan Lama Sekolah (HLS) dari 12,94 tahun pada  2015 menjadi 13,09 tahun pada 2016
  3. Peningkatan Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) dari 9,76 tahun pada tahun 2015 menjadi 9,86 tahun pada tahun 2016
  4. Peningkatan Pengeluaran Per Kapita Dari Rp10.732.000,00  tahun 2015 menjadi Rp10.760.000,00 tahun 2016
  5. Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 73,34 tahun 2015 menjadi 73,64 tahun 2016.

Walikota juga menyadari belum semua harapan masyarakat mampu diwujudkan dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan daerah, oleh karenanya perlu kerja keras semua pihak untuk mewujudkan kota cirebon yang ramah dengan lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Drs. Nasrudin Azis, SH. menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Cirebon, yang selama tahun 2016 telah terjalin kemitraan yang harmonis dan sinergis serta telah melakukan kontrol yang efektif terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

Ucapan terima kasih dan penghargaan juga disampaikan kepada para pimpinan partai politik, elemen masyarakat, dan unsur perangkat daerah, yang memberi dukungan serta partisipasi dalam mewujudkan agenda pembangunan sesuai amanat rencana kerja pembangunan daerah (RKPD)Kota Cirebon tahun 2016. Capaian pembangunan yang kita raih selama ini merupakan hasil kerja keras dan sinergitas semua pihak. (st)..

ANGGOTA DPRD 2014-2019

Yang sedang berkunjung

We have 57 guests and no members online

Jumlah Pengunjung

24571
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
TOTAL
237
216
638
23094
2124
2370
24571
IP Anda : 54.162.152.232
Wed-Oct-2017

Cuaca Kota Cirebon Hari ini

Showers

31°C

Thursday
Scattered thunderstorms
23°C s.d. 30°C
Friday
Scattered thunderstorms
22°C s.d. 32°C

Tentang Kota Cirebon

 

 

 

 

 

 

Kota Cirebon merupakan Kota yang berada di wilayah timur Jawa Barat. Kota ini berada di pesisir utara Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan jalur transportasi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Selengkapnya...

Pengantar DPRD Kota Cirebon

 

 

 

 

 

 

 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai lembaga yang mempunyai peranan penting sebagai wadah aspirasi masyarakat sekaligus sebagai jembatan mediasi dan layanan publik dengan

Selengkapnya...

Tempat Wisata di Cirebon

Cirebon adalah salah satu kota tertua di Pulau Jawa. Anda dapat mengunjungi sejumlah tempat wisata di Cirebon dengan kekayaan historis dan pesona kebudayaan masa lampaunya yang menarik.
                                                                                                                                                                                    Selengkapnya...
JSN Mico template designed by JoomlaShine.com