Berita Ringan

# Pembahasan RAPERDA APBD (Pertengahan Juni s/d 7 hari sejak diterima evaluasi Gubernur) # Pembahasan RAPERDA Perubahan APBD (Minggu I Agustus s/d 7 hari sejak diterima evaluasi Gubernur) # Pembahasan RAPERDA Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (6 bulan setelah TA berakhir s/d 7 hari sejak diterima evaluasi Gubernur) # Pembahasan s/d Persetujuan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban KDH (LKPJ) (3 bulan setelah TA berakhir s/d 30 hari setelah LKPJ diterima) # Pembahasan Laporan Realisasi Semester I APBD dan Prognosis 6 bulan berikutnya ( Akhir bulan juli) # Pembahasan atas LHP BPK terhadap Pelaksanaan APBD ( 2-3 minggu sejak diterima LHP BPK)

WALIKOTA CIREBON SAMPAIKAN LKPJ TA 2016

PENETAPAN KEMBALI PERATURAN TATA TERTIB DPRD

Paripurna Pemandangan Umum Fraksi, Jawaban Walikota, Pengambilan Keputusan dan Pembentukan Pansus

PIMPINAN DPRD LAPORKAN KINERJA

FRAKSI-FRAKSI DPRD SAMPAIKAN PEMANDANGAN UMUM TERHADAP 5 RAPERDA PRAKARSA WALIKOTA CIREBON

RISALAH \RAPAT PARIPURNA DPRD KOTA CIREBON DALAM RANGKA PENETAPAN KEMBALI ALAT KELENGKAPAN

Peraturan DPRD Kota Cirebon Nomor 1 Tahun 2014 tanggal 28 Oktober 2014 tentang Tata Tertib DPRD Kota Cirebon, telah mengalami perubahan pada tahun 2015. Pada waktu itu perubahan dilakukan untuk penyesuaian sehubungan dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan  Gubernur, Bupati, dan Walikota, dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Dalam kedua Undang-Undang tersebut, terdapat beberapa perubahan pengaturan mengenai DPRD, khususnya yag terkait dengan  wewenang atau tugas baru yaitu :

a.         memilih Pasangan Walikota dan Wakil Walikota, apabila Walikota dan Wakil Walikota secara bersamaan tidak dapat menjalankan tugas;

b.        memilih Wakil Walikota apabila terjadi kekosongan jabatan Wakil Walikota.

Tanggal 29 Maret 2017 DPRD Kota Cirebon kembali menggelar rapat paripurna dalam rangka persetujuan dan penetapan kembali Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD Kota Cirebon. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Pimpinan Rapat Paripurna Ketua DPRD Edi Suripno, SIP.MSi, menyatakan bahwa Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tersebut antara lain menyelaraskan dengan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 33/PUU-XIII/2015 terkait persyaratan keharusan hanya memberitahukan pencalonannya kepada Pimpinan Dewan bagi Anggota DPR, DPD, dan DPRD dalam persyaratan menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Calon Bupati dan Wakil Bupati, serta Calon Walikota dan Wakil Walikota, berubah menjadi harus mengundurkan diri sebagai anggota DPR, DPD, dan DPRD.

Walaupun dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, persyaratan kewajiban mengundurkan diri bagi anggota DPR, DPD, dan DPRD sejak penetapan sebagai pasangan calon pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, yang dipilih secara langsung oleh rakyat, namun ketentuan ini berlaku juga bagi anggota DPR, DPD, dan DPRD yang mengikuti pemilihan kepala daerah atau wakil kepala daerah untuk meneruskan sisa masa jabatan yang pemilihannya dilakukan oleh DPRD.

Hal ini sejalan dengan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 132.32/6126/OTDA tanggal 18 November 2015 perihal Penjelasan Mengenai Persyaratan Pencalonan Anggota DPRD Dalam Pemilihan Wakil Walikota Cirebon, yang menyatakan keharusan mengundurkan diri berlaku bagi Anggota DPR, DPD, dan DPRD yang mengikuti pencalonan/pemilihan Wakil Kepala Daerah melalui mekanisme pemilihan oleh DPRD. Pengunduran dirinya sejak ditetapkan sebagai calon oleh Panitia Pemilihan.

Selain menyesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 juga terdapat beberapa perubahan terkait dengan kewenangan atau urusan pemerintahan daerah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dan Perubahannya, dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, yang sudah tertuang dalam Peraturan Daerah Kota Cirebon Nomor 6 Tahun 2016, dan Perda Nomor 7 Tahun 2016.

Kita semua menyadari bahwa Tata Tertib ini sangat pentingkarena merupakan “guidance” atau pedoman bagi lembaga DPRD dan juga bagi seluruh Anggota DPRD dalam menjalankan tugas, kewenangan, fungsi, hak dan kewajiban.

Oleh karena itu kita semua bertekad agar Tata Tertib ini harus segera ditetapkan. Adapun jika terbit atau terjadi perubahan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, maka  Tata Tertib DPRD ini kita ubah atau kita sesuaikan dengan peraturan yang lebih tinggi.

Persetujuan terhadap Tata Tertib, diawali dengan laporan Ketua Panitia Khusus DPRD Pembahas Tata Tertib DPRD, Dani Mardani, SH. MH. Tatib dapat disetujui dengan aklamasi dari seluruh Anggota DPRD yang hadir.

Pimpinan rapat berharap, dengan telah disetujui dan ditetapkannya Tata Tertib DPRD ini,  akan segera kita tindaklanjuti dengan penetapan kembali rotasi keanggotaan alat-alat kelengkapan DPRD, khususnya yang belum selesai dilakukan.Dengan dibentuknya alat-alat kelengkapan DPRD, maka akan semakin jelas pelaksanaan tugas, kewenangan dan fungsi lembaga kita ini. Karena banyak sekali permasalahan-permasalahan eksternal lembaga DPRD, yang harus kita selesaikan, melalui alat kelengkapan DPRD sesuai dengan tupoksinya.

Semula setelah rapat paripurna penetapan Tata Tertib akan dilanjutkan dengan pembentukan alat kelengkapan DPRD yaitu Komisi A, Badan Anggaran, dan Badan Musyawarah, namun tidak dilaksanakan karena Peraturan DPRD sebelum diberlakukan harus mendapat nomor register Berita Daerah sebagaimana diamanatkan Permendagri 80 Tahun 2015. (st)

ANGGOTA DPRD 2014-2019

Yang sedang berkunjung

We have 8 guests and no members online

Jumlah Pengunjung

33733
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
TOTAL
36
199
36
32521
2541
4534
33733
IP Anda : 54.160.245.121
Sun-Dec-2017

Cuaca Kota Cirebon Hari ini

Cloudy

23°C

Monday
Thunderstorms
23°C s.d. 27°C
Tuesday
Thunderstorms
22°C s.d. 27°C

Tentang Kota Cirebon

 

 

 

 

 

 

Kota Cirebon merupakan Kota yang berada di wilayah timur Jawa Barat. Kota ini berada di pesisir utara Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan jalur transportasi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Selengkapnya...

Pengantar DPRD Kota Cirebon

 

 

 

 

 

 

 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai lembaga yang mempunyai peranan penting sebagai wadah aspirasi masyarakat sekaligus sebagai jembatan mediasi dan layanan publik dengan

Selengkapnya...

Tempat Wisata di Cirebon

Cirebon adalah salah satu kota tertua di Pulau Jawa. Anda dapat mengunjungi sejumlah tempat wisata di Cirebon dengan kekayaan historis dan pesona kebudayaan masa lampaunya yang menarik.
                                                                                                                                                                                    Selengkapnya...
JSN Mico template designed by JoomlaShine.com